Jumat, 11 Desember 2015

contoh seni rupa murni

Contoh Seni Rupa Murni

1. Relief
Relief jika kita artikan dalam arti seni adalah gambar ataupun lukian yang di tampilkan dalam bentuk 3D (Tiga Dimensi/Tri Mata) di atas bidang dua dimensi (dwi mata). Relief biasanya terdapat di tugu peringatan dan candi. Relief pada umumnya berisi diorama dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. silahkan lihat contoh gambar di bawah ini.
Contoh Seni Rupa Murni relief
Relief
2. Patung
Patung merupakan hasil Expresi jiwa manusia yang di ungkapkan dengan membuat bentuk Visual melalui media 3D untuk tujuan keindahan. Patung biasanya dapat kita temukan di atas mejad, lobi gedung, persimpangan jalan, taman dan lain sebagainya. Pada umumnya patung berwujud manusia, hewan, atau makhluk mitologi. untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat langsung contoh gambarnya di bawah ini.
Contoh Seni Rupa Murni Patung
Seni Rupa
Seni Rupa Murni
3. Lukisan
Lukisan merupakan karya seni yang di buat dengan mengoeskan cat dengan kuas, pisau palet atau peralatan launya, pada sebuah kanvas sebagai media lukis. untuk lebih jelasnya silahkan coba lihat contoh gambar di bawah ini.
Contoh Seni Murni Lukisan
Seni Lukisan
ukisan
4. Kerajinan Gantungan
Di sentral-sentral kerajinan, seringkali kita menemukan orang yang menjual gantungan kunci dengan bentuk sesuai tempat wisata yang kita kunjungi. Misalnya saat kita berada di Candi Borobudur, kita akan menemukan penjual gantungan kunci berbentuk seperti Candi Borobudur. Ada juga yang menjual gantungan berbahan bambu yang ketika terkena angin akan terdengar suara yang menenangkan. Biasanya gantungan tersebut digantung di teras rumah atau di gazebo. Nah, gantungan-gantungan tersebut dapat dikatakan sebagai salah satu contoh seni rupa murni karena fungsinya hanya sebagai penghias kunci atau penghias teras rumah. silahkan coba lihat contoh gambar agar lebih mudah untuk memahaminya.
Contoh Seni Murni Gantungan
Seni
Seni murni

5. Kerajinan Dari Keramik

Taukah sobat genggaminternet.com Banyak sekali kerajinan dari keramik yang termasuk seni rupa murni. Seperti guci atau piring keramik yang bernilai seni tinggi. Piring tersebut tidak mungkin dijadikan tempat makan karena lebih indah jika dipakai sebagai pajangan. untuk lebih jelasnya silahkan lihat contoh gambar keraajinan dari keramik.
Seni Rupa Murni Keramik
Seni Keramik

6. Seni Kaligrafi

Seni kaligrafi adalah salah satu jenis karya seni rupa yang menekankan keindahan yang terdapat pada bentuk-bentuk huruf yang telah dimodifikasi atau digayakan sehingga mempunyai nilai estetika. Berbagai aksara dan huruf dapat dijadikan kaligrafi seperti huruf Arab, aksara Jawa, aksara Jepang, dll. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar contoh seni kaligrafi.
Contoh Seni Murni Kaligrafi
Kaligrafi Indah
Kaligrafi
Kaligrafi Cina

7. Mozaik

Mosaik adalah seni merangkai pecahan atau potongan kecil batu, keramik, atau kaca. Seni mosaik biasa ditemukan di gereja atau arsitektur romawi. agar sobat mudah untuk memahami silahkan lihat gambar contoh Mozaik di bawah ini.
Contoh Seni Rupa Murni Mozaik
Seni Rupa Murni

8. Ukiran

Ukiran merupakan seni memahat batu atau kayu menjadi bentuk yang diinginkan. Umumnya berbentuk makhluk hidup atau bunga. Ukiran biasanya dijadikan hiasan di rumah. baiklah silahkan sobat lihat contoh gambar ukiran di bawah ini.
Contoh Seni Rupa Murni Ukiran
Seni Ukiran

9. Fotografi

Seni fotografi biasanya dibuat sebagai ekspresi dari fotografer. Fotografi berfungsi sebagai ilustrasi atau hiasan pada buku, media massa, atau bahkan dapat dicetak untuk dipajang di tembok. untuk lebih jelasnya silahkan saja sobat lihat contoh gambar Hasil fotografi di bawah ini.
Contoh Seni Rupa Murni Fotografi
Seni Fotografi

10. Topeng

Dan yang terakhir adalah Topeng, Topeng merupakan seni penutup wajah dengan ekspresi yang terbuat dari kertas, kayu, plastik, kain, atau logam. Topeng biasa dipakai saat pertunjukan drama atau tari.Silahkan lihat langsung contoh gambar di bawah ini.
ContoH Seni Rupa Murni Topeng
Seni Topeng
Sahabat genggaminternet.com saya Rasa artikel tentang Contoh Seni Rupa murni ini kita cukupkan sampai di sini dahulu ya, di artikel berikutnya InsyaAllah saya akan mencoba membahas pengertian Seni menurut para ahli, yang semoga saja nantinya sobat bisa semakin memahami tentang Seni Rupa, Baik itu seni Rupa Murni atau pun seni Rupa terapan yang sudah kita bahas pada kesempatan yang lalu. terima kasih sudah membaca artikel ini, Sampai ketemu di artikel berikutnya. Selamat Belajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar